DSMK-ITC Webminar Series

Oleh: Muhamad Rai · Kamis, 14 Mei 2020 10.42 · 453

Bagikan

Menyikapi krisis penyebaran Covid-19 di Indonesia yang berdampak terhadap diberlakukannya pelaksanaan belajar dari rumah bagi seluruh sistem pendidikan di Indonesia yang termasuk diantaranya sektor SMK, maka Direktorat SMK bekerjasama dengan ITC menyelenggarakan serangkaian seminar online (webminar) yang ditujukan untuk memberikan pengayaan bagi para guru dan siswa SMK melalui paparan dan diskusi secara online.

Rangkaian webminar disediakan selama 8 seri (yang diantarkan oleh para pembicara yang memiliki kepakaran dan pengalaman yang dalam di bidangnya. Adapun webminar ini sendiri secara garis besar dibagi menjadi dua seri, yaitu:

1. The English Webminar Series

Seri webminar ini mengangkat isu-isu penting di dunia pendidikan bahasa Inggris dan dunia kerja yang sangat relefan dengan kondisi SMK. Diantaranya adalah bagaimana melakukan kegiatan belajar-mengajar yang menarik melalui platform online, panduan dan arahan dalam membuat CV dan menjalani interview pekerjaan, serta tips-tips mengembangkan kemampuan bahasa Inggris di dunia kerja.

Sebagai salah satu pembicara pada webminar tersebut Ibu Hafilia Ismanto menyampaikan apresiasinya kepada para guru yang sudah berpartisipasi secara aktif dalam webminar ini “Bangga dan senang karena jumlah peserta yang mengikuti seminar sungguh banyak. Sesi yang awalnya kami peruntukanutk murid malah 90% diikuti oleh guru dan mereka berasal dari daerah-daerah di seluruh Indonesia. Hal ini menunjukkan motivasi mereka untuk terus belajar, mengembangkan diri, serta meningkatkan kompetensi mengajar. Komen, respon, serta pertanyaan yang kami terima juga menggambarkan keaktifan mereka dalam mengikuti sesi-sesi webinar. Tentunya kami berharap pelatihan-pelatihan seperti ini akan terus berlanjut dalam waktu dekat.

 

2. The Digital Literacy Webminar Series

Seri webminar ini memiliki fokus dalam memberikan pemahaman yang tepat mengenai Literasi Digital dan relefansinya di dunia kerja. Serta introduksi kepada standar literasi digital yang diakui secara internasional dari Certiport, yaitu IC3 (Internet and Computing Core Certification). Pada kesempatan ini setiap peserta yang menghadiri webminar memperoleh akun pembelajaran kompetensi “Literasi Digital” dari G-Metrix. Para peserta diberi kesempatan untuk melatih secara mandiri kemampuan literasi digital mereka dan mengukur sejauh mana kemampuan literasi digital mereka berdasarkan standar IC3.

 

Salah satu peserta webminar dari SMK Plus YSB Suryalaya,  Tasikmalaya, Bapak Arief Syariful Alam menyampaikan kesannya “Bagus, sangat bermanfaat terutama di kondisi seperti ini. Jadi masih bisa produktif menimba ilmu meskipun stay at home. Harapannya diteruskan kegiatan webminar ini, baik selama kondisi seperti ini (COVID-19), atau pun sesudah kondisi seperti ini berakhir, terutama bagi yang diluar Jakarta sangat memerlukan program seperti ini.”

Hal senada juga disampaikan oleh Bapak Dias Persada dari SMK Pertiwi Kuningan yang mengatakan “Untuk Webminar Literasi digital sangat bermanfaat sekali, apalagi dalam kondisi seperti ini masih bisa mengadakan seminar online yang bisa mengisi waktu dengan positif dan sangat menambah wawasan.”

Bagikan

#PetuahPetuah

Semakin tinggi ilmu seseorang, maka semakin besar rasa toleransinya.

Abdurrahman Wahid (Gus Dur)