Press Release: Pemutaran Film Aqidah Cinta, Sebuah Karya Produksi SMK

Oleh: Apriliyadi · Kamis, 8 Agustus 2019 15.04 · 476

Bagikan

Jakarta, 8/8/2019-Kolaborasi SMK Dewi Sartika dan SMA Global Islami School menghasilkan sebuah film berjudul Aqidah Cinta yang akhirnya resmi dirilis. Pemutaran perdana produksi siswa SMK ini ditayangkan di Epicentrum XXI Kuningan, Jakarta Selatan.

Film yang mengangkat kehidupan remaja ini diperankan dan digawangi oleh guru dan siswa kedua sekolah serta dibantu dalam proses editing oleh Pasir Bintang Cinema. Menurut Gilang Gerrialga, Kepala SMK Dewi Sartika, sebelum diproduksinya film berdurasi 90 menit ini, kedua sekolah hanya membuat film-film pendek. Dengan terciptanya film ini diharapkan menjadi motivasi dan inspirasi di kalangan pelajar Indonesia.

Pemutaran perdana ini dihadiri oleh Dr. Ir. M. Bakrun, M.M., Direktur Pembinaan SMK, Dr. Maman Wijaya, Kepala Pusat Pengembang Film, dan Gerry Iskak, bintang tamu film Aqidah Cinta. Selain itu, juga dihadiri oleh Vivi Syafrida Husain, Direktur Pasir Bintang Cinema.

 

"Setiap SMK dapat mencontoh kedua sekolah ini sehingga tidak ada lagi yang tidak bisa berkarya karena alasan tidak ada production house yang bisa diajak untuk kerja sama. Pasir Bintang Cinema akan mendorong SMK se-Indonesia agar terus memproduksi film yang berkualitas. Namun, dengan catatan, siswa-siswi SMK tetap semangat dalam berkarya," jelas Vivi dalam sambutannya.

 

Selaras dengan Inpres nomor 9 Tahun 2016 tentang Revitalisasi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dalam rangka Peningkatan Kualitas dan Daya Saing Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia, Direktorat Pembinaan SMK menyambut baik film Aqidah Cinta dan mendorong SMK untuk terus berkarya, termasuk 20 SMK perfilman.

 

“Direktorat Pembinaan SMK menyambut baik film Aqidah cinta. Harapan kami para pelajar serta masyarakat Indonesia mau menonton dan mencintai film Indonesia serta selalu bisa berkarya, khususnya siswa-siswi SMK. Selamat kepada SMK Dewi Sartika dan SMA Global Islamic School serta tim produksi yang berhasil memproduksi film perdana karya siswa SMK,” jelas Dr. Ir. M. Bakrun, M.M., Direktur  Pembinaan SMK.

 

Gerry Iskak, aktor senior yang secara sukarela berperan dalam film ini berharap sineas muda untuk terus berkarya agar semangat memberikan karya terbaik dan contoh kepada anak SMK/SMA untuk melakukan gebrakan di perfilman Indonesia. Dalam konferensi pers, Gerry Iskak juga menyebutkan siswa-siswi inilah yang akan menjadi pengganti pemain dan kru-kru yang akan purna.

 

Film Aqidah Cinta akan ditayangkan mulai tanggal 19 Agustus di XXI dan 21 di berbagai kota. Untuk meramaikan dan menebarkan nilai-nilai pada film ini, production house akan melaksanakan program pengajaran film sambil nonton yang diajukan kepada sekolah-sekolah untuk nonton bareng agar dinikmati masyarakat, khususnya para pelajar Indonesia.

 

 

Direktorat Pembinaan SMK

Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

 

Bagikan

#PetuahPetuah

Banyak hal yang bisa menjatuhkanmu. Tapi satu-satunya hal yang benar-benar dapat menjatuhkanmu adalah sikapmu sendiri.

R.A. Kartini