Selamat !! Jawa Tengah Juara Umum LKS SMK Tingkat Nasional 2019

Oleh: Desy Gitapratama · Minggu, 14 Juli 2019 19.15 · 6.266

Bagikan

Mulai pukul 18.30 WIB kontingen memasuki venue Sleman City Hall sebagai tempat penutupan Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK Tingkat Nasional 27.  Hiburan musik dari Big Band SMM Sari SMKN 2 Kasihan Bantul tampil apik dalam menghibur para hadirin.  Tidak kalah menarik, tari “Nyai Ahmad Dahlan” yang diperagakan oleh 33 penari dari Duta Seni Pelajar Kontingen DIY turut menghibur hadirin dari seluruh Indonesia. Tarian ini menceritakan perjuangan Nyai Ahmad Dahlan yang turut merintis kelompok pengajian untuk memberi ilmu membaca, menulis, membatik, dan keterampilan serta tidak lupa ilmu agama.

Penutupan LKS SMK Tingkat Nasional 27 ini dihadiri oleh Gubernur yang diwakili Sekertaris Daerah Provinsi DIY,  Direktur Pembinaan SMK, Bupati Sleman, Kepala Dinas Pendidikan Pendidikan dari 34 provinsi, para tamu undangan, dan seluruh peserta LKS 2019.  Acara inti di mulai dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan doa disampaikan oleh Khomsul Latifin.

Selanjutnya adalah laporan kegiatan oleh M. Bakrun selaku Direktur Pembinaan SMK. Dalam laporan ini, Direktur Pembinaan SMK menyampaikan bahwa secara umum semua bidang lomba bertambahnya peserta sekitar 30% dibanding tahun lalu, terdapat dua bidang lomba yang diikuti oleh 34 propinsi, yaitu IT Network System Administration dan Electrical Installation.

Jumlah peserta yang naik, maka keikutsertaan di Jawa dan luar Jawa juga naik. Satu hal yang terpenting adalah proses pemerataan. Tahun depan diharapkan semua provinsi dapat mengikuti semua bidang yang dilombakan. Beberapa lomba yang hampir diikuti seluruh provinsi adalah graphic desaign technology, fashion technology, dan automobile technology yang diikuti oleh 33 peserta, sedangkan bidang lomba landscaping & gardening, mobile robotic, dan welding diikuti oleh 32 peserta.

Kegiatan LKS 2019 disambut baik dunia industri dengan menyediakan dukungan, baik itu SDM, peralatan, bahan, perlengkapan, dan hadiah tambahan. Dengan bantuan industri, pada tahun 2020 diharapkan setiap provinsi dapat mengikuti semua jenis perlombaan. Program workshop dilakukan sebanyak 23 sesi dengan tema seputar dunia digital menghadapi revolusi industri 4.0 yang diikuti 1.288 orang.

Pembinaan karakter ketarunaan yang menjadi fokus Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan berdasarkan masukan dari dunia industri berkaitan karakter kerja anak juga disampaikan oleh Direktur Pembinaan SMK. Dalam acara LKS ini juga disosialisakan Standar Nasional SMK yang baru ditetapkan.

Sambutan disampaikan oleh Bupati Sleman, Sri Purnomo, yang lebih banyak mempromosikan potesi wisata dan pendidikan yang ada di Kabupaten Sleman. Di Kabupaten Sleman ada 7 dari 8 perguran tinggi yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta. Tahun 2018 di kabupaten Sleman tembus di angka 8,53 juta detinasi wisata. Bupati Sleman juga memberi selamat kepada para pemenang dan berharap semua kembali ke daerah dengan aman.

Terakhir, Sambutan oleh Gubernur yang diwakili ole Sekertaris Daerah DIY, Gatot Saptadi, yang mengucapkan terima kasih, khususnya peserta dan hadirin dari luar daerah DIY karena dengan kedatangannya membuat penyemangat bagi masyarakat Yogyakarat. Semoga kegiatan LKS menghasilkan SDM yang tangguh dan berkarakter  yang bersaing global menuju indonesia mandiri dan selamat kepada para pemenang.

Tibalah saatnya acara yang membuat peserta berharap cemas atas hasil yang sudah diberikan secara optimal selama perlombaan berlangsung. Sorak gembira para kontingen ketika pembawa acara membacakan para pemenang tiap bidang lomba mulai juara tiga hingga juara satu yang dilakukan berurutan dalam lima sesi.  

Raut wajah gembira dan bangga dari para pemenang, seperti kesan yang diungkapkan oleh Nurheri Nugroho, kontingen Jawa Timur yang mengikuti bidang lomba tractor engine assembly menyatakan, ”Kesan yang luar biasa, ada orang orang yang ada di belakang yang selalu membimbing hingga akhirnya berhasil juara”.

Perwakilan dari DKI Jakarta, Siti Maesaroh juara dua marketing on line mengungkapkan, “Sangat bangga terhadap diri sendiri kalau saya itu bisa dan SMK itu hebat.”  Rizky Baldiato dari kontingen Jawa Tengah dari bidang lomba automobile technology dengan perasaan gembira memberi kesan,” Senang bisa membanggakan orang tua, pembimbing dan ada nilai yang berbeda dalam diri sendiri.”

Setelah semua pengumuman selesai dibacakan, ditetapkan bahwa juara umum LKS SMK Tingkat Nasional 2019 adalah kontingen Provinsi Jawa Tengah. Kontingen ini berhasil merebut 11 dari 32 emas yang diperebutkan. Perayaan bersama di panggung bersamaan dengan penyerahan piala bergilir menandakan berakhirnya kegiatan LKS Tingkat Nasioanl 2019 di Yogyakarta.

Kebanggan atas prestasi dari kontingen Jawa Tengah disampaiakan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Jawa Tengah, Jumetri, “Alhamdulillah ini merupakan kerja keras dari pembimbing dan anak anak serta para kepala sekolah. Hasil ini adalah untuk mereka sendiri dan sebagai pemicu lebih baik lagi di masa  depan”

 

Diterbitkan oleh :

Direktorat Pembinaan SMK

Dirjen Dikdasmen, Kemendikbud

 

Yogyakarta, 12 Juli 2019

Bagikan

#PetuahPetuah

Idealisme adalah kemewahan terakhir yang hanya dimiliki oleh pemuda.

Tan Malaka