SERI GLS: : Goling Menjawab Tantangan Revolusi Industi 4.0 di Bidang Literasi Ala SMKN 3 Metro

Oleh: Endang Sadbudhy Rahayu · Jumat, 5 Juli 2019 09.42 · 421

Bagikan

Perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, sosial, budaya dan ekonomi selalu membawa perubahan. Termasuk adanya Revolusi Industri 4.0 yang akan membawa proses layanan yang mengarah ke versi digital.

Dalam upaya menjawab tantangan revolusi industri 4.0 ini, SMKN 3 Metro-Lampung dalam kepemimpinan Ibu Suindriyati, S.Pd, M.Pd melakukan sebuag terobosan dengan menantang peserta didiknya untuk membuat inovasi sesuai dengan bidang minatnya masing-masing.

Ternyata peluang yang diberikan Bu Indri-demikian Ibu Kepala SMKN 3 Metro disebut- ditanggapi secara konstruktif oleh peserta didik di sekolah tersebut. Salah satu peserta didik yang bersungguh-sungguh menaggapi adalah Tegar Santoso dan Ichsan Fauzan siswa kelas X Rekayasa Perangkat Lunak SMKN 3 Metro untuk menciptakan sebuah aplikasi untuk layanan peminjaman dan pengembalian buku yang diberi nama GO-LING, kepanjangan dari Go Literasi Keliling.

 

Proses layanan Go-Ling adalah peminjaman, pengantaran dan pengembalian buku melalui aplikasi dan membutuhkan sarana distribusi. Untuk itu perlu dirancang sebuah moda literasi bergerak. Terinspirasi oleh lapak keliling Tukang Sol Sepatu, maka terciptalah sebuah Boks yang dapat dibawa dengan sepeda motor. Boks tersebut dirancang oleh Riki Rinaldi siswa Teknik Bangunan dan pengerjaan Lasnya oleh Arif Kurniawan Jaya siswa kelas X Teknik Pemesinan yang tergabung dalam ekstrakurikuler KIR SMK N 3 Metro dibimbing Bapak edy Sukisno. Siswa anggota kegiatan ekstra kurikuler pencyber (Pency) berperan sebagai petugas Go-Ling, yang siap mengantar pesanan buku secara online kepada anggota perpustakaan.

 

Sebelum Go-Ling beroperasi dilakukan sosialisai bagi internal warga sekolah dan masyarakat, khursunya sekolah sekitar SMKN 3 Metro. Karena Go-Ling dirancang untuk melayani berbagai kalangan, maka sasaran sosialisai termasuk guru dan peserta didik PAUD, TK dan SD dan SMP di sekitar SMKN 3 Metro. Hal ini sekaligus untuk mencapai salah satu tujuan Go-Ling adalah memperkenalkan SMK kepada masyarakat sejak dini.

Kini peminjaman buku online yang bertujuan memfasilitasi siswa SMKN 3 Metro, pelajar, atau masyarakat sekitar SMKN 3 Metro telah berlangsung. Untuk meminjam dan mengembalikan buku menggunakan fasilitas “Ojek Literasi Go-Ling atau jasa driver Go Ling siap melayani” Jelas bu Indri.

Pemanfaatan program moda literasi bergerak Go-Ling telah dilakukan dengan menempatkan ojek literasi di tempat-tempat yang biasa menjadi tempat berkumpul siswa SMKN 3 Metro, diantaranya lapangan sekolah, taman sekolah, kantin, dan sebaginya.

Aplikasi Go-Ling juga ada di play store yang yang dapat diakses dengan smartphone, dilengkapi sengan Buku Penduan. Pengenalan Fitur: (1) Registrasi/Mendaftar, (2) Login/Masuk, (3) Menu Peminjaman (4) Menu Status Pengembalian (5) Menu Riwayat (6) Menu Rendem Pointt, (7) Menu Akun, (8) Top Menu. Selain itu, juga ada Petunjuk Penggunaan, yang meliputi (1) Cara Menginstal Aplikasi GO-LING (2) Cara Mendaftar Sebagai Pengantar (3) Cara Login Sebagai Pengantar, (4) Cara Mengambil Pesanan Peminjaman, (5) Cara Mengambil Pesanan Pengembalian (6) Cara Rendem Point Pengguna, (7) Cara Keluar Akun di Aplikasi GO-LING.

Aplikasi Go-Ling ini dapat menjadi sarana promosi kompetansi siswa SMK. Go-Ling juga telah membawa Ibu Indri sebagai pemenang dalam kompetisi best practice pada Lokakarya Pemberdayaan Kepala Sekolah Dan Pengawas Sekolah Indonesia Dan Australia Tahun 2018. SMK Bisa! SMK Hebat! SMK Cerdasberliterasi. (Foto: dok SMKN 3 Metro)

 

Bagikan

#PetuahPetuah

Tak ada harta pusaka yang sama berharganya dengan kejujuran.

Mohammad Hatta