Kemdikbud Gelar Revitalisasi Bidang Simulasi dan Komunikasi Digital

Oleh: Apriliyadi · Selasa, 2 Juli 2019 10.47 · 602

Bagikan

Bogor—Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Pembonaan SMK terus nerupaya mendukung program pemerintah  dalam rangka peningkatan kualitas dan daya saing sumber daya manusia, khusususnya Lulusan SMK. Pelaksanaan Revitalisasi pendidikan SMK sesuai dengan program Making Indonesia 4.0 yang terintegrasi dan kampanye untuk mengimplementasikan strategi menghadapi era revolusi industri ke-4 (industry 4.0).

Dengan segala potensi yang ada Indonesia harus menjadi pelaku aktif yang mendapat manfaat atas perubahan besar itu. Tantangan ke depan adalah meningkatkan skill tenaga kerja di Indonesia. Pendidikan sekolah vokasi menjadi suatu keharusan agar tenaga kerja bisa langsung terserap ke industri.

Salah satu bentuk dukungan tersebut adalah penyelenggaran program dengan tema “Revitalisasi Pembelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital Menyongsong Revolusi Industri 4.0.” Program ini merupakan bentuk kerja sama antara Direktorat Pembinaan SMK dengan PT Charisma Multimedia Education sebagai partner dari Dunia Usaha dan Dunia Industri.

 

Kegiatan Bimbingan Teknis ini merupakan rangkaian dari program Bantuan Penyelarasan Kerjasama Vokasi Program Simulasi Digital yang dilaksanakan mulai hari ini tanggal 1 hingga 3 Juli 2019. Total peserta kegiatan ini adalah 20 SMK terpilih dari 250 SMK yang mendaftar dari 8 bidang keahlian. Harapannya dari 20 sekolah ini akan memberikan dampak kepada 80 guru dan 2400 siswa.

 

Program Bantuan Penyelarasan Kerjasama Vokasi Program Simulasi Digital dimulai dengan pelatihan untuk 2 (dua) orang guru yang dibimbing langsung oleh tim ahli dari PT. Charisma Multimedia Education dan diakhiri dengan unjuk kinerja pada Bulan September yang menampilkan hasil kreativitas dari para guru dan siswa yang akan dinilai oleh para tim juri yang ahli dibidangnya.

 

Adapun tujuan akhir dari kegiatan ini adalah meningkatkan kompetensi para guru dan sisa dalam bidang simulasi digital yang langsung dibimbing oleh para tenaga ahli sehingga menghasilkan sebuah kreativitas dalam pembelajaran simulasi dan komunikasi digital. Selain itu, juga bertujuan untuk membuka peluang kerjasama DUDI bidang simulasi digital untuk dapat bersama-sama memperkenalkan pembelajaran dan komunikasi dalam rangka menyongsong revolusi industri 4.0.

Bagikan

#PetuahPetuah

Idealisme adalah kemewahan terakhir yang hanya dimiliki oleh pemuda.

Tan Malaka