SERI GLS : LITERASI BUDAYA DALAM MURAL SMKN 11 BANDUNG

oleh Endang Sadbudhy Rahayu 394

Sejak diterbitkannya Permendikbud nomor 23 tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti, kegiatan Literasi sangat terasa geliatnya. Dalam Materi Pendukung Literasi Budaya dan Kewargaan, Kemdikbud (2017:3) dituliskan bahwa, Literasi Budaya dan Kewargaan merupakan kemampuan individu dan masyarakat dalam bersikap terhadap lingkungan sosialnya sebagai bagian dari suatu budaya dan bangsa. Selanjutnya dituliskan bahwa Literasi budaya dan kewargaan menjadi hal yang penting untuk dikuasai di abad ke-21.

Sebagai warga negara yang hidup di negara yang sarat akan keragaman, peserta didik di Indonesia sangat perlu diperkenalkan dengan literasi budaya dan kewargaan karena kecakapan literasi ini akan berguna pula sebagai bekal untuk hidup sebagai warga dunia. Hal inilah yang kini diimplementasikan dengan penuh kepedulian oleh warga SMKN 11 Bandung.

Dr. Anne Sukmawati KD, M.MPd., Kepala SMK Negeri 11 Bandung, menyadari akan pentingnya literasi budaya dan kewargaan ini. Keberagaman yang ada pada diri   peserta didik di sekolah yang dipimpinnya juga menjadi perhatiannya. Sebagai upaya dalam implementasi literasi budaya dan kewargaan di sekolah yang dipimpinnya, Ibu Anne menjadikan mural sebagai media ekpresi dan wadah berkarya bagi peserta didik. “Di antara Peserta Didik di sini pasti ada yang berjiwa seni dan suka menggambar atau melukis. Sedangkan Seni Budaya perlu wadah untuk ekpresi, oleh karena itu kami menyediakan sarana untuk ekspresi dan unjuk karya dengan mural” demikian penjelasan Ibu Anne.

Ibu Anne berpendapat bahwa  upaya implementasi literasi budaya dan kewargaan melalui mural ini juga dapat mengatasi masalah yang sekaitan dengan dorongan peserta didik yang terkadang ‘íseng’ mencorat-coret dan mengotori dinding. Dengan mural, dinding sekolah akan terawat. Selain itu, mereka yang menorehkan cat dan warnanya akan merasa dihargai sehingga berdampak pada meningkatnya rasa percaya diri.

Mural hasil literasi budaya dan kewargaan ini dapat kita nikmati sejak memasuki halaman sekolah. Sebuah Banner besar menyambut pengunjung sekolah, tampak di beberapa bagian tembok sekolah. SMK Bisa!. SMK Hebat!. SMK Cerdasberliterasi.

Beri nilai konten ini  
Responsive image