MGM Horison Kerja Sama Dengan SMK Untuk Memenuhi Kebutuhan Tenaga Kerja Terampil Bidang Perhotelan

oleh Ari 433

Jakarta, 24 April 2019 – PT. Metropolitan Golden Management (MGM) sebagai pemilik hotel chain HORISON Hotels Group, menjalankan strategi khusus untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja terampil di bidang perhotelan dalam bentuk kemitraan dengan SMK. Kemitraan tersebut dituangkan dalam Nota Kesepahaman (NK) yang ditandatangani oleh Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah sebagai wakil Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan Direktur PT. Metropolitan Golden Management. Selain NK, kedua belah pihak juga menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) sebagai dasar implementasi program. PKS ditandatangani oleh Direktur Pembinaan SMK dan Direktur MGM.

Lingkup kerja sama antara Kemendikbud dengan MGM disusun berdasarkan semangat untuk mengimplementasi Instruksi Presdien No. 9 tahun 2016 tentang Revitalisasi SMK. Lingkup kerja sama tersebut meliputi: (1) Program peningkatan kompetensi bidang operasional perhotelan, keahlian kamar hotel (room), bidang front office dan house keeping, makanan dan minuman hotel (tata boga/ food and beverage service dan food and beverage production), keuangan (accounting) untuk kompetensi keuangan perhotelan; serta teknik (engineering) untuk kompetensi teknisi perhotelan; (2)Penyelarasan kurikulum dan bahan ajar; (3) Fasilitasi Praktek Kerja Lapangan (PKL) bagi peserta didik SMK kelas XI.

Kegiatan penandatanganan naskah perjanjian kerja sama tersebut dilaksanakan di SMKN 57 Jakarta bertepatan dengan acara Career Day yang diselenggarakan secara khusus oleh SMKN 57 Jakarta untuk memfasilitasi kebekerjaan ataupun melanjutkan pendidikan bagi lulusan SMK. Di saat yang sama juga ditandatangani perjanjian kerja sama antara 11 Kepala SMK Pariwisata di Propinsi DKI Jakarta dengan Corporate Senior GM Learning and Development MGM. Ke sebelas SMK tersebut adalah SMKN 24, SMKN 27, SMKN 28, SMKN 30, SMKN 32, SMKN 33, SMKN 37, SMKN 38, SMKN 57, SMKN 60 dan SMKN 62 Jakarta.

Dalam sambutannya, Direktur MGM Basari Bahri menyampaikan bahwa MGM menaruh perhatian khusus dan secara serius memobilisir sumber daya yang dimiliki untuk mensukseskan program kerja sama dengan SMK. “Ini merupakan bagian dari strategi bisnis kami untuk memastikan bahwa kami memperoleh calon tenaga kerja yang qualified. Nantinya kami tidak perlu lagi melakukan training kepada calon tenaga kerja yang kami terima karena kami telah memberikan keterampilan yang sesuai standar perusahaan kami kepada para siswa/siswa SMK. Kami mewajibkan semua GM di HORISON Hotels Group yang saat ini jumlahnya 60 untuk menjalin kemitraan dengan SMK”, kata Basari yang merupakan salah satu alumni SMK di Semarang.

Untuk mengimplementasikan kerja yang yang telah disepakati MGM akan memberikan fasilitas kepada para siswa/siswi SMK yang mengikuti program PKL dengan fasilitas seperti layaknya karyawan hotel seperti seragam, tempat tinggal bagi yang rumahnya jauh dari hotel, pembinaan karakter dan budaya perusahan, PKL coordinator dan juga uang saku.

Saryadi Guyatno selaku Kepala Subdit Penyelarasan Kejuruan Direktorat Pembinaan SMK yang hadir mewakili pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memberikan apresiasi atas inisiasi MGM untuk bekerja sama dengan SMK. “Kerja sama ini akan saling membawa manfaat bagi kedua belah pihak, MGM akan mendapat benefit dalam bentuk tersedianya calon tenaga kerja dengan profil kompetensi sesuai kebutuhannya sedangkan SMK mendapat manfaat berupa peningkatan kualitas pembelajaran dan tentunya pemasaran tamatannya terjamin. Kerja sama ini sangat sejalan dengan semangat Inpres 9 Tahun 2016 yang nuansanya adalah peningkatan kualitas SMK”, ujar Saryadi.

Selain pihak Kemendikbud dan MGM, kegiatan penandatanganan dihadiri oleh Kepala Bidang Sekolah Menengah Kejuruan Dinas Pendidikan DKI Jakarta Suharno yang menyampaikan bahwa kegiatan ini diharapkan dapat memberikan penguatan kompetensi bagi peserta didik yang melakukan PKL di hotel di bawah MGM. “Pemerintah DKI sangat serius dalam mengembangkan SMK sebagai salah satu penyedia calon tenaga kerja terampil yang kompeten. Kegiatan kerja sama antara MGM dengan SMK yang merupakan implementasi NK antara Kemendikbud dengan MGM, sangat sejalan dengan strategi yang telah ditetapkan Gubernur DKI dalam merevitalisas SMK melalui Pergub Nomor 32 tahun 2019”, pungkas Suharno.

Kerja sama dengan SMK selain dilaksanakan di 60 hotel di bawah naungan MGM di seluruh wilayah Indonesia, juga akan dilakukan di 10 hotel baru yang akan segera dikelola oelh MGM dalam waktu yang tidak terlalu lama. Bertemunya supply&demand dalam konteks link&match antara pendidikan SMK dengan dunia usaha/dunia industri dapat terwujud melalui kerja sama yang dikembangan antara kemendikbud dengan MGM.

 

Beri nilai konten ini  
Responsive image