Mencetak Digitalpreneur SMK, PermataBank Gelar Permata YouthPreneur 2019

Oleh: Ari · Rabu, 20 Maret 2019 07.45 · 1.013

Bagikan

PermataYouthPrenuer (PYP) adalah program pelatihan di bidang kewirausahaan (meliputi bisnis model, startup digital, coding dan literasi keuangan) yang ditujukan bagi para siswa/i tingkat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) kelas 11/12 dengan Kompetenai Keahlian Rekaya Perangkat Lunak (RPL) selama periode dua bulan pembelajaran. Mengangkat tema “Inovasi Financial Technology Menuju Industri 4.0”,  PermataBank bekerjasama dengan Arkademy dan didukung oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Otoritas Jasa Keuangan mengemas program PYP dalam rangkaian diskusi dan pelatihan, modul kurikulum daring, mentoring,  agar peserta mampu mengembangkan ide produk financial technology masing-masing. Usai mengikuti kegiatan ini, peserta terpilih akan mendapatkan berbagai kesempatan pengembangan diri mulai dari beasiswa sekolah coding, magang, hingga inkubasi startup.

 

Hadir dalam acara kegiatan launching PYP 2019, Dhien Tjahajani selaku Direktur PermataBank, Kepala Sub Direktorat Penyelarasan Kejuruan dan Kerja Sama Industri Direktorat SMK Kemendikbud Saryadi Guyatno, Deputi Komisioner Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK Sarjito, Dr. Edhi Juwono – Wakil Rektor II Bidang Sumber Daya dan Perencanaan Perbanas, Alfa Putra Kurnia CEO Arkademy, Kepala SMK, Guru, Para Mentor, serta tim peserta PermataYouthPreneur yang terdiri dari SMK yang lolos seleksi awal di wilayah Jabodetabek.

 

Dhien Tjahajani selaku Direktur PermataBank menyatakan bahwa program ini merupakan bentuk kepedulian PermataBank terhadap pendidikan khususnya SMK dan merupakan bagian dari tanggung jawab sosial PermataBank melalui Corporate Social Responsibility.

 

Peserta yang mengikuti Program PYP 2019 merupakan hasil seleksi online dari berbagai area, mencakup Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Timur, dan Sumatera. Untuk itu, Jakarta dan Jawa Timur terpilih sebagai kota induk pelaksanaan program PYP 2019. Melalui program ini diharapkan para peserta dapat mengembangkan kemampuannya menuju startup digital dan dapat menginspirasi generasi muda Indonesia untuk tumbuh menjadi wirausahawan digital yang sukses, siap menghadapi tantangan global dan berguna bagi masyarakat. Kegiatan PYP 2019 diikuti 74 tim yang mendaftar secara online dan berdasarkan hasil seleksi dari panitia terpilih 38 tim yang berhak mengikuti program yang sudah ditetapkan panitia.

 

Dalam sambutannya Deputi Komisioner Edukasi dan Perlindungan Konsumen Otoritas Jasa Keuangan Sarjito menyampaikan pentingnya anak-anak muda untuk memiliki cita-cita dan berprinsip maju tak gentar, aku pasti bisa dan di sini senang di sana senang. “Keterbatasan bukan hambatan untuk meraih cita-cita, saya berharap di 10 tahun yang akan datang saya mendengar adik-adik SMK yang mendapatkan kesempatan dukungan dari PermataBank ini menjadi pengusaha digital yang sukses. Saya yakin dengan kemauan dan kerja keras hal tersebut bisa diwujudkan, saya sudah membuktikan hal tersebut”, tegas Sarjito.

 

Kasubdit Penyelarasan Kejuruan dan Kerja Sama Industri Direktorat Pembinan SMK Saryadi dalam kesempatan yang sama menyampaikan bahwa Kementerian Pendidikan dan Kebudayan menyambut baik program PermataYouthPreneur (PYP) yang secara nyata memberikan penguatan kompetensi teknis dan kewirausahaan di bidang digital kepada siswa SMK. “Kami memiliki keyakinan bahwa siswa SMK akan mampu menjawab tantangan perubahan teknologi digital yang muncul seiring dengan adanya revolusi industri 4.0. Kami berharap melalui program PYP akan muncul talent-talent digital dan sekaligus para digitalpreneur yang berasal dari SMK”, kata Saryadi.

Bagikan

#PetuahPetuah

Seorang terpelajar harus sudah berbuat adil sejak dalam pikiran apalagi dalam perbuatan.

Pramoedya Ananta Toer