SMKN 1 Pacet dan SMKN 1 Temanggung Unjuk Karya di FoodEx Japan 2019

oleh Apriliyadi 1.373

The 44rd International Food and Beverage Exhibition (FoodEx Japan 2019)  dilaksanakan di Hall Makuhari Masse, Chiba Jepang. Pameran yang berlangsung pada 5 s.d. 8 Maret 2019 ini diikuti ratusan peserta dari 90 negara di berbagai belahan dunia. Diperkirakan pameran ini akan dikunjungi oleh 85.000 pengunjung. 

Pada pelaksanaan tahun ini, Indonesia diwakili oleh beberapa industri kuliner. Dari sektor pendidikan, Indonesia memilih dua sekolah menengah kejuruan (SMK), yaitu SMKN 1 Pacet Jawa Barat dan SMKN 1 Temanggung Jawa Tengah sebagai peserta

 

Pameran dilaksanakan di dua hall raksasa Makuhari Masse yang dibagi menjadi sembilan hall besar. Dipenuhi oleh ribuan booth, Indonesia berada di hall  besar 7. Bersaing dengan dikelilingi oleh booth China food, booth Indonesia dipenuhi oleh informasi berupa brosur hingga standing famlet, led berisi proses pembuatan produk hingga produk-produk yang dipamerkan.


Kedua sekolah ini memamerkan hasil karya siswa SMK berupa minuman dan makanan ringan khas Indonesia. Semua kuliner yanhg dipamerkan berbahan dasar dari hasil bumi Indonesia seperti jahe, rosalia, pisang, nangka, bawang putih, jamur dan lain lain. Uniknya,  produk tersebut dikemas menggunakan tiga bahasa, yaitu bahasa Indonesia, Jepang, dan Inggris, dalam menjelaskan secara singkat tentang merk, bahan baku, dan informasi lain.

Duta Besar Sudah Kunjungi Booth, Ahli Food Fotografi Segera Kunjungi SMKN 1 Pacet dan SMKN 1 Temanggung
 

Hari pertama Pameran FoodEx Japan 2019 dikunjungi oleh ribuan pengunjung dari berbagai negara. Kemasan kuliner yang menarik menimbulkan kesan baik dari para pengunjung, salah satunya adalah Arifin Tasrif, Duta Besar Republik Indonesia untuk Negara Jepang. Beserta rombongan, Arifin mengunjungi dan sempat mencoba kuliner yang dipamerkan oleh kedua SMK tersebut. 

Selain Duta Besar, pengunjung lain yang tidak kalah penting adalah kehadiran seorang ahli Food Fotografi asal Amerika Serikat bernama Hans Klemmer. Hans tertarik untuk membantu para siswa SMK melalui kehaliannya. Merujuk pada keinginannya, Hans berencana mengunjungi SMKN 1 Pacet dan SMKN 1 Temanggung pada April 2019. 

Menurut Hans dalam era digitalisasi pemasaran juga harus memanfaatkan hal tersebut. Hal penting dalam pemasaran adalah tampilan gambar yang harus dilakukan oleh profesional fotografi. Hans berencana secara sukarela membantu mengajarkan teknik teknik fotografi yang benar dan baik, bagaimana mengabadikan suatu produk minuman dan makanan hingga layak dipasarkan melalui sebuah laman. 

 

Editor : Apriliyadi


 
 
 
            
 

Beri nilai konten ini  
Responsive image