60 Siswa SMK Aceh Ikut Program Magang Kecakapan Hidup di Medan

oleh Rizky Setiawan 1.203

Jakarta - Sebanyak 60 siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Aceh mengikuti program magang penguatan di bidang kecakapan hidup (life skills) di usaha perbengkelan di Medan, Sumatera Utara.

Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Syaridin MPd mengatakan Pemerintah Aceh terus memacu mutu lulusan SMK, di antaranya dengan melaksanakan program magang Board Based Education (BBE) sehingga lulusan SMK Acehke depan betul-betul memiliki skill yang bisa diandalkan.

Dikatakan, dengan memperkuat pendidikan vokasi ini, lulusan SMK Aceh ke depan betul-betul siap bersaing di bursa tenaga kerja kelas menengah di era persaingan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

Kadisdik Aceh, Syaridin bersama Kepala Bidang Pembinaan SMK Dinas Pendidikan Aceh, Teuku Miftahuddin, Minggu (23/12/2018) memantau secara khusus para siswa yang sedang melakukan magang di Bengkel Sehat, Medan.

Saat peninjuan tersebut, Syaridin sempat berdialog dengan siswa tentang berbagai kemudahan dalam melaksanakan praktek di bengkel otomotif tersebut.

Pada kesempatan itu, Kadisdik Aceh juga menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada PT. Innovam yang telah ikut andil dalam memajukan Pendidikan SMK di Aceh.

"Kita berharap kegiatan magang ini bisa terus ditingkatkan setiap tahunnya dan bisa bermanfaat bagi siswa dalam memperkuat skills dan mutu lulusan serta terus bisa berkerja sama dengan PT. Innovam Indonesia Global," ujarnya.

Direktur PT. Innovam Indonesia Global, Hasustan Kosim (Abok) menyambut baik magang Board Based Education (BBE) siswa SMK hal ini sesuai dengan komitmen kerja sama Memorandum of Understanding (MoU) antara Pemerintah Aceh dengan PT. Innovam Indonesia Global pada tahun 2017 yang lalu.

Abok mengatakan akan melakukan yang terbaik untuk memajukan pendidikan di Aceh, termasuk memfasilitasi 60 siswa SMK sesuai kompetensi bidang keahlian masing-masing dengan melibatkan dunia usaha dan dunia industri yang bonafit dan berskala nasional.

Sementara itu, Kepala Bidang Pembinaan SMK Teuku Miftahuddin, menjelaskan kegiatan magang Board Based Education (BBE) ini berlangsung sejak tanggal 15 sampai dengan 29 Desember 2018 di Medan, Sumatera Utara.

Kegiatan ini diikuti sebanyak 60 siswa-siswi SMK, terdiri dari 17 bidang kompetensi keahlian.

Di antaranya: Grafika Industri, Grafika Persiapan, Teknik Pengelasan, Teknik Instalasi, Teknik Audio Video, Teknik Pendingin dan Tata Udara, Auto Body, Teknik Kendaraan Ringan, Teknik Kerja Kayu, Teknik Komputer Jaringan, Design Grafis, Tata Boga, Teknik Sepeda Motor, Tata Busana, Multimedia, Agribisnis Ternak Ruminansia dan Agribisnis Ternak Unggas, ungkapnya

Teulu Miftahuddin, menambahkan seluruh siswa yang mengikuti magang ini merupakan peserta terbaik pada kegiatan Board Based Education (BBE) dari sejumlah sekolah yang ditunjuk sebagai penyelenggara BBE tahun ini. tutupnya.


Sumber: tribunews.com

Beri nilai konten ini  
Responsive image