20 SMK Swasta Pameran Bersama di Mall Dinoyo City

oleh Yuli Setiawan 131

Sebanyak 20 SMK swasta menggelar pameran Creative Vocational Product Expo (CVPE) di Mall Dinoyo City (MDC). Pameran ini digelar sampai 14 Januari 2018.

Pameran dibuka Asisten 2 Setda Kota Malang, Kamis (11/1/2018). “Keunggulan setiap SMK swasta ditampilkan dalam pameran ini.”

“Jadi warga bisa tahu apa saja yang ada di setiap SMK,” jelas Evy Erlinawati, ketua penyelenggara kepada SURYAMALANG.COM. Ini pertama kalinya SMK-SMK swasta berkolaborasi pameran bersama. Untuk itu di hall utama ada stand setiap SMK. SMK Sriwedari menjual produk pemasaran seperti mukena dan makanan ringan.

SMK Kartika IV-I menampilkan karya siswa limbah kain menjadi produk perca yang diolah menjadi berbagai hal. “Dari jurusan tata busana, ada limbah kain.” “Bisa jadi sarung bantal kursi, celemek dapur, tutup gelas,” kata Kristina, guru tata busana.

Sedang Dian Mustika, guru tata kecantikan menjelaskan produk nail art dan henna. “Kalau nail art, satu kuku Rp 1000. Ada contoh-contohnya. Sedang Henna Rp 5.000,” ujar Dian. SMK Muhammadiyah 2 menampilkan produk wirausaha minuman herbal. SMK ini menghasilkan produk Smuds, jamu kunir asem.

Ketua MKKS SMK swasta Kota Malang, Jhon Nadha Firmana menyatakan SMK termasuk institusi yang bisa menjawab masalah ketenagakerjaan. Untuk itu perlu support dari pemangku kepentingan. “BPS sempat menyebutkan bahwa lulusan SMK sebagai penyumbang pengangguran.” “Ini sebagai bahan intropeksi diri dengan menunjukkan bahwa itu tidak benar,” kata Jhon.

 

Sumber: http://suryamalang.tribunnews.com

Beri nilai konten ini  
Responsive image