Raih Award Sekolah Hebat karena Lulusannya Banyak Terserap di Dunia Kerja

oleh Yuli Setiawan 790

Kado istimewa diterima SMK Muhammadiyah 7 (Mutu) Gondanglegi Malang di penghujung tahun 2017 ini.

Dinilai lulusannya memiliki tingkat keterserapan yang tinggi di dunia kerja, SMK Rujukan Nasional ini meraih penghargaan Award Sekolah Hebat (ASH) 2017 dari Kitto Book Mahesa. Tropi diserahkan langsung oleh Mendikbud RI, Prof Dr Muhadjir Effendy MAp di Hotel Gajah Mada Malang, Sabtu (23/12/17).

Kepala SMK Mutu Gondanglegi Pahri SAg MM menjelaskan selama tiga tahun terakhir, SMK dengan jumlah siswa 2.300 ini, mampu menempatkan 86 persen siswa bekerja sebelum lulus, 9 persen melanjutkan ke perguruan tinggi dan 5 persen berwiraswasta.

Selain mendapat piala, SMK yang pertengahan tahun lalu dikunjungi Presiden RI Ir H Joko Widodo ini, juga mendapat piagam dan uang pembinaan sebesar lima juta rupiah dari Mendikbud Muhadjir Effendy.

Di hadapan 24 SMK penerima ASH, Mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) ini, mengingatkan agar para kepala sekolah terus meningkatkan kualitas SMK yang dipimpin. “Penghargaan ini pemotivasi dan penyemangat untuk bekerja lebih giat dan berkarya lebih besar,” pesan Mendikbud dengan serius saat memberi kata sambutan.

Bagi Pahri, penghargaan dan pesan Mendikbud tersebut memiliki makna sangat dalam. “Penghargaan ASH 2017 bukan segala-gala-nya, tapi menjadi awal letupan untuk inovasi, kreativitas dan berkarya lebih besar. Memenangi pertarungan global yang semakin kompetitif,” kata Pahri.

Dia mengatakan penghargaan ini dipersembahkan untuk guru, karyawan, siswa, wali murid dan persyarikatan.

“Terimakasih saya ucapkan pada Direktur Kitto Book, penerbit buku SMK atas perhatian dan kepedulian terhadap dunia vokasi, di tengah memudarnya semangat menghargai prestasi anak negeri,” ungkapnya.

Kepada 24 SMK (dari Sabang sampai Merauke) penerima ASH lainnya, Pahri mengajak mereka untuk terus berpacu meningkatkan prestasi sekolah.

“Tunjukkan bahwa memang kita pantas menerima ASH tersebut. Salam hormat dari saya. SMK Bisa SMK Hebat,” ujarnya.

Selamat! (MN)

Launching Buku Inspiratif Penerima Penghargaan ASH 2017 oleh Mendikbud RI Prof Dr Muhadjir Effendy MAp (tengah), didampingi Direktur Kitto Book Syamsuddin Mahfud (dua dari kiri), Kepala Pusat P4TK Malang Dr. Sumarno (dua dari kanan) dan KS SMK Mutu Gondanglegi, Pahri SAg MM (kanan) dan Kasi Pembelajaran Dir PSMK Kemdikbud RI Drs Widiyanto MPd (kiri).

 

 Sumber:https://www.pwmu.co

Beri nilai konten ini  
Responsive image